New Sony Xperia Z Ultra: Ekstra Besar, Ekstra Kencang

New Sony Xperia Z Ultra: Ekstra Besar, Ekstra Kencang

Seputar-Android.com – Anda penggemar smartphone berlayar besar? Pas sekali. Kali ini, CHIP kedatangan sebuah smartphone berlayar 6,4 inci dari Sony yang sudah banyak dibicarakan sebulan belakangan ini. Produk yang dimaksud, tak lain adalah Sony Xperia Z Ultra, smartphone Android terbesar yang ada saat ini. 

Desain

Dibilang smartphone, ukurannya masih terlampau besar. Dibilang tablet, ukurannya masih sedikit lebih kecil. Dibilang phablet, ukurannya pun masih lebih besar dari phablet rata-rata yang ada sekarang. Namun, apa pun sebutan Anda untuk Xperia Z Ultra, produk ini merupakan gebrakan baru yang bisa saja menjadi tren baru dalam definisi smartphone. Bagi kebanyakan orang, Xperia Z Ultra dirasa masih terlalu besar. Namun bagi sebagian orang lainnya (termasuk saya), dimensi besar Xperia Z Ultra dapat terbayar dengan apa yang bisa didapatkan, baik dari sisi performa maupun kualitas.

Anda tidak bisa mengantongi Xperia Z Ultra di saku celana bagian depan, karena akan sangat mengganggu pergerakan. Jika ingin tetap mengantonginya, Anda bisa menyimpannya di saku celana bagian belakang. Anda tak perlu khawatir terjadi lecet, karena Sony menyertakan sebuah leather case dalam paket penjualannya. Dengan begitu, bagian depan dan belakang smartphone aman dari marabahaya.

Meski dimensinya besar, bodi Xperia Z Ultra termasuk salah satu yang tertipis dengan ketebalan hanya 6,5 mm saja. Hal ini juga turut dipengaruhi oleh desain unibody yang diusungnya. Di sisi kanan terdapat slot micro SIM, micro SD (up to 64 GB), volume rocker, audio jack, dan tombol power. Sedangkan sisi kirinya memuat port micro USB yang juga mendukung MHL dan USB on the go.

User Interface

Sistem operasi yang ada pada Xperia Z Ultra bukanlah versi terbaru, yakni Android 4.2.2. Sedikit berbeda dengan smartphone Xperia Z series lainnya, UI pada Z Ultra dapat menampilkan shortcut untuk dapat mencari atau menghapus aplikasi dengan cepat. Shortcut ini juga dapat digunakan untuk menentukan urutan tampilan aplikasi yang Anda miliki. Cara untuk memunculkannya yakni dengan mengusap layar dari kiri ke kanan saat berada di app drawer. Selain shortuct tersebut, hampir seluruh tampilan dan menu yang dimilikinya sama dengan smartphone Sony Xperia Z series lainnya. Salah satunya adalah small apps yang dapat Anda temukan dengan menekan tombol recent apps. Small apps dapat Anda gunakan untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus secara bersamaan, seperti browsing, membuat catatan, hingga menghitung menggunakan kalkulator.

Performa

Sebagai salah satu smartphone atau phablet tercepat yang ada saat ini, performa Xperia Z Ultra mutlak tak pantas untuk diragukan lagi. Jika Anda pernah menggunakan Xperia Z yang notabene sudah cukup cepat, maka Anda akan merasa lebih puas lagi dengan performa Xperia Z Ultra. Hal ini sudah bisa terasa ketika menjelajah menu pada UI yang dimilikinya. Hal yang sama berlaku ketika saya menggunakannya untuk bermain game berat seperti Sine Mora. Pada Xperia Z atau LG Optimus G Pro, misalnya, saya merasakan adanya lag saat bermain. Sedangkan pada Xperia Z Ultra, game dapat dijalankan dengan lancar.

Hasil benchmark yang saya uji juga memperlihatkan perbedaan performa yang cukup signifikan. Pengujian AnTuTu v3.4 pada Xperia Z Ultra menghasilkan skor 29.241 poin. Sedangkan pengujian Quadrant menghasilkan skor 21.608 poin. Dengan performanya yang kencang, nyatanya tidak membuat baterai Xperia Z Ultra (3050 mAh) jadi cepat habis. Saya mengaktifkan stamina mode dari menu power management dan menggunakannya dengan keperluan standar seperti browsing dan sesekali bermain game. Hasilnya, Xperia Z Ultra dapat bertahan hingga 14 jam.

Layar

Xperia Z Ultra, dengan layarnya yang sangat besar untuk sebuah smartphone, tentunya memiliki keunggulan karena dapat menampilkan konten gambar atau video dengan lebih besar. Sadar akan hal ini, Sony pun membekali layar Xperia Z Ultra dengan teknologi Triluminous display. Teknologi ini dirancang agar layar dapat menampilkan gambar dengan warna yang kaya. Jika Anda akrab dengan smartphone Sony Xperia, di mana belum satu pun yang menggunakan teknologi Triluminous, maka warna yang ditampilkan cenderung pucat atau bahkan kekuning-kuningan. Selain Triluminous, Sony juga menyertakan teknologi X-Reality yang fungsinya serupa dengan Bravia Engine. Teknologi ini dapat meningkatkan ketajaman gambar saat Anda melihat foto atau menonton video.

Layar 6,4 inci milik Xperia Z Ultra memiliki resolusi 1.920 x 1.080 piksel. Ini merupakan syarat mutlak agar tampilannya terlihat tajam, terutama saat Anda membaca tulisan pada dokumen atau saat browsing. Uniknya lagi, Sony mengklaim layar tersebut memiliki responsivitas yang sangat baik, bahkan mampu untuk ditulisi menggunakan pensil. Memang benar, layarnya bisa mendeteksi sentuhan dengan responsif. Namun, layar tersebut tak dapat merespons ketika saya menggambar di atasnya menggunakan pensil. Yang jelas, kualitas layarnya sangat memuaskan untuk menemani penggunanya melakukan berbagai aktivitas. Layarnya tak hanya menang pada dimensinya saja, tapi juga dapat memanjakan mata orang yang memandangnya.

Audio

CHIP yakin, Sony menugaskan Xperia Z Ultra sebagai pusat hiburan yang bisa dibawa dan digunakan di mana pun dengan mudah. Hal ini memang tidak terbantahkan ketika Anda bisa mengandalkannya untuk bermain game atau menonton video HD dalam layar sebesar 6,4 inci. Maka, tak lengkap rasanya jika Sony tidak memerhatikan faktor audio pada Xperia Z Ultra.

Sebenarnya, hanya ada satu lubang speaker pada Xperia Z Ultra, letaknya di bagian samping kanan bawah. Meski begitu, suara yang keluar dari speaker tersebut tidak mengecewakan. Suaranya terdengar lantang, meski masih kalah kencang dibanding HTC One. Namun dengan dukungan berbagai fitur audio seperti ClearAudio+, Clear Phase, dan xLOUD untuk suara loudspeaker serta Clear Stereo dan Surround sound untuk suara headset, menonton film, bermain game, atau mendengarkan musik akan jadi lebih terasa mewah.

Kamera

Tak seperti Xperia Z, ZL, dan ZR, kamera utama pada Xperia Z Ultra hanya memiliki resolusi 8 MP saja. Namun, hal yang paling membedakannya yaitu ketiadaan lampu flash. Entah karena alasan apa, Sony tidak menghadirkan lampu flash pada Xperia Z Ultra. Dengan demikian, menangkap gambar di ruangan gelap menjadi kelemahan utama. Sedangkan untuk foto di ruang cukup cahaya, kualitasnya bisa diandalkan, meski masih setingkat di bawah Xperia Z. Saat membidik, kamera dapat menangkap gambar dengan cepat tanpa adanya lag. Sony pun masih memanjakan pengguna Xperia Z Ultra dengan fitur Superior auto untuk dapat memotret dengan mudah. Bagaimana dengan merekam video? Jangan khawatir! Xperia Z Ultra dapat merekam video 1.080p 30 fps dengan baik.

Kesimpulan

Xperia Z Ultra layak dijadikan sebagai pusat hiburan dalam genggaman yang sesungguhnya. Produk ini memang berkualitas, dilihat dari sisi mana pun. Material, desain, performa, hingga kameranya cukup memuaskan. Yang paling penting, untuk Anda yang ingin terlihat beda dan tampil di luar kebiasaan yang ada, Xperia Z Ultra bisa menjadi pilihan. Tentunya, Anda harus beradaptasi terlebih dahulu agar tidak bingung memegang dan menggunakannya.

Kompas.com

Print this entry

Comments

comments

About The Author

Informasi Terkini dan Seputar Handphone Android, Tips Trik, Review dan Berita Teknologi OS Android Masa Kini.Informasi dan Tutorial Seputar Android

Related posts