Alasan Smartfren Jualan Andromax

Alasan Smartfren Jualan Andromax

Seputar-AndroidSmartfren yang sebelumnya bernama Mobile-8 merupakan operator code division multiple access (CDMA) yang bekerja di frekuensi 850 MHZ. Namun, selain berperan sebagai operator, Smartfren juga berperan sebagai vendor ponsel, dengan menyediakan produk tablet dan smartphone Andromax.

Menanggapi hal itu, Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim mengungkapkan latar belakang Smartfren ikut memproduksi gadget karena di dunia ini makin jarang pemain ponsel yang berminat memproduksi gadget CDMA.

“Namun kelemahan kita itu kini justru menjadi kekuatan, karena dengan menjual produk bundling, konsumen akan lebih loyal, terbukti dengan catatan churn rate yang hanya di bawah 1 persen,” ujarnya, Rabu (9/10).

Menurut dia, sekitar 60 persen penjualan Smartfren adalah dari bundling, berbeda dengan operator GSM yang hampir semuanya menjual kartu perdana sehingga tingkat churn rate-nya sangat tinggi, mencapai di atas 80 persen.

Djoko menambahkan pihaknya tidak mengambil untung dari penjualan Andromax, demikian juga distributor. Menurut dia, Smartfren mengambil untung dari pulsa, sedangkan distributor kena bagian 3 persen dari pulsa yang jadi pendapatan Smartfren. Bahkan, lanjut Djoko, harga jual Andromax oleh Smartfren lebih rendah dari harga pabriknya di China.

Djoko mengklaim peminat Andromax sangat besar, yaitu mencapai 2.500-3.000 unit per hari untuk tipe Andromax 7 inci, sedangkan bundling Smartfren dengan BlackBerry cenderung menurun akhir-akhir ini.

“Biasanya Penjualan Smartfren BlackBerry mencapai 80-90 ribu unit per bulan, namun dalam setahun terakhir hanya 40 ribu unit per bulan,” katanya.

Merdeka.com Patra

Print this entry

Comments

comments

About The Author

Informasi Terkini dan Seputar Handphone Android, Tips Trik, Review dan Berita Teknologi OS Android Masa Kini.Informasi dan Tutorial Seputar Android

Related posts